Skip to content
    • TENTANG MM
      • SEJARAH
      • VISI MISI
      • STRUKTUR ORGANISASI
      • PROGRAM KEMITRAAN
        • KIND PROJECT
          • 3M
          • SUSTAINABILITY MANAGEMENT AWARD
          • IN-ABC PROGRAM
          • MBIC
        • KNOWLEDGE SHARING
      • KEMITRAAN
        • KERJASAMA PENDIDIKAN
        • KERJASAMA PENELITIAN
        • KERJASAMA PKM
    • AKADEMIK
      • PROFIL LULUSAN
      • CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN
      • RPS
      • KURIKULUM
        • REGULER
        • INTERNASIONAL
      • PANDUAN AKADEMIK
      • PANDUAN EVALUASI
      • PANDUAN UJIAN
        • PANDUAN UTS/UAS
        • PEDOMAN KIND PROJECT
        • PEDOMAN DISERTASI
        • PEDOMAN PUBLIKASI
        • ASSESMENT
    • MAHASISWA
      • ORGANISASI MAHASISWA
      • UNIT KEGIATAN MAHASISWA
    • ALUMNI
      • DATA ALUMNI
      • TRACER STUDY
      • PUSAT KARIR
      • LOWONGAN PEKERJAAN
    • INFORMASI
      • PENERIMAAN MAHASISWA
      • PENDAFTARAN
      • SELEKSI
      • TINGKAT KELULUSAN
      • DAFTAR ULANG
      • PENELITIAN DOSEN
      • PENGABDIAN DOSEN
    • STAFF
      • DATA DOSEN
      • PEGAWAI
    • QA UNIT
      • DOWNLOAD
      • QA DOCUMENT
        • SPMI LEVEL UNIVERSITAS
        • SPMI LEVEL FAKULTAS
        • SPMI LEVEL PRODI
      • RENCANA STRATEGIS
      • INTERNAL AUDIT REPORT
      • LEARNING AND TEACHING REPORT
      • STUDENT SURVEY REPORT
      • ALUMNI SURVEY REPORT
    • JURNAL
      • JURNAL PENELITIAN
      • JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT
      • Prosiding
      • BUKU
      • JURNAL PENELITIAN DOSEN
    • FASILITAS
      • RUANG KELAS
      • PERPUSTAKAAN
      • LABORATORIUM
      • STUDENT RESEARCH CENTER
    • BAHASA
      • English
      • Indonesian

    Rencana Pembelajaran Semester (RPS) 2025/2026

    1. Home  - 
    2. Rencana Pembelajaran Semester (RPS) 2025/2026

    Check your RPS !!

    Rencana Pembelajaran Semester

    back to home
    List RPS

    SEMESTER I

    Rencana Pembelajaran Semester 

    HUKUM DAN ETIKA DALAM BISNIS (LAW AND ETHICS IN BUSINESS)

    Pokok Bahasan 1 – 16 (Main Topics): 1. Pendahuluan Pengantar Hukum; 2. Aliran-aliran Dalam Hukum dan Tujuan Hukum; 3. Penggolongan hukum dan ciri-cirinya; 4. Hukum Sebagai Sistem Peraturan; 5. Sistem Hukum yang Dianut Dunia; 6. Hukum Bisnis; 7. Teori Dasar Etika Bisnis; 8. Prinsip-prinsip Etika Bisnis; 9. Sumber-Sumber Hukum Perlindungan Konsumen; 10. Hukum Persaingan Usaha; 11. Pengertian Hukum Kontrak; 12. Hak Kekayaan Intelektual (HKI); 13. Hak Atas Merek; 14. Penyelesaian Sengketa Bisnis.

    AKUNTANSI UNTUK MANAJER (ACCOUNTING FOR MANAGER)

    Pokok Bahasan 1 – 16 (Main Topics): (1) Konsep dasar akuntansi manajemen dan tujuan akuntansi; (2) Penentuan biaya dan proses pembebanannya terhadap objek biaya; (3) Penggerak aktivitas dan perilaku biaya sistem akuntansi manajemen tradisional dan kontemporer; (4) Perilaku biaya dan model penggunaan sumber daya, metode pemisahan biaya...

    TEORI DAN APLIKASI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (THEORY AND APPLICATION OF HUMAN RESOURCES MANAGEMENT)

    Pokok Bahasan 1 – 16 (Main Topics): 1. Concept of Human Resource Management in Organizations; 2. Study of Strategic HR Management and Planning; 3. Review of Equal Employment Opportunity; 4. Discussion on Workers, Jobs, and Job Analysis;...

    TEORI DAN APLIKASI MANAJEMEN KEUANGAN (FINANCIAL MANAGEMENT THEORY AND APPLICATION)

    Pokok Bahasan 1 – 16 (Main Topics): 1. Fundamental Concept of Financial Management, included An Overview of Financial Management and the Financial Environment, Time Value of Money, Financial Statement and Cash Flow, and The Basic of Risk and Return; 2. Securities and Their Valuation that covered Bonds and Stocks valuations; 3. Projects and Their valuation that covered The Cost of Capital, Capital Budgeting, Cash Flow Estimation and Risk Analysis;

    TEORI DAN APLIKASI MANAJEMEN OPERASIONAL (THEORY AND APPLICATION OF OPERATION MANAGEMENT)

    Pokok Bahasan 1 – 16 (Main Topics): (1) Strategic Operartions Management and Productivity Optimization, (2) Demand Management, (3) Design of Goods and Services, (4) Managing Quality, (5) Process Strategies, (6) Capacity Management,...

    TEORI DAN APLIKASI MANAJEMEN PEMASARAN (MARKETING MANAGEMENT THEORY AND APPLICATION)

    Pokok Bahasan 1 – 16 (Main Topics): (1) Rencana Pembelajaran, Kontrak Perkuliahan, Overview mata kuliah teori dan Konsep dasar pemasaran serta perencanaan strategis berorientasi pasar, (2) Sistem riset pemasaran, (3) Lingkungan pemasaran dan Implementasi, (4) Mengelola Informasi Pemasaran, (4) Mengelola Informasi Pemasaran,....

    KNOWLEDGE IMPLEMENTATION AND DEDICATION (KIND) PROJECT

    Pokok Bahasan 1 – 16 (Main Topics): (1) Pendahuluan, (2) Mekanisme proyek, (3) Penentuan Tema - Judul, (4) Penentuan Desain Proyek, (5) Evaluasi Desain Proyek, (6) Evaluasi Desain Proyek Lanjutan, (7) Penjajakan Awal Persiapan Proyek, (8) Penyampaian Desain Awal Projyek (UTS) (9) Persiapan Pelaksanaan Proyek, (10) Evaluasi Persiapan Pelaksanaan Proyek, (11) – (14) Pelaksanaan Proyek, (15) – (16) Penyampaian Laporan (Seminar) Hasil dan Evaluasi Proyek.

    SEMESTER II

    Rencana Pembelajaran Semester

    STRATEGI PEMASARAN JASA (SERVICE MARKETING STRATEGY)

    Pokok Bahasan 1 – 16 (Main Topics): 1 – 16 (Main Topics): (1) Strategic Role of Service Marketing in the Digital and Global Economy; (2) Advanced Analysis of Service Consumer Behavior and Decision-Making Process; (3) Positioning and Service in Compettitive Market; (4) Innovation and Design Thinking in Service Product Development; (5) Optimizing Multichannel Service Delivery Systems; (6) Strategic Pricing Decisions in Service Contexts;....

    ANALISIS KINERJA DAN RISIKO KEUANGAN (FINANCIAL PERFORMANCE AND RISK ANALYSIS)

    Pokok Bahasan 1 – 16 (Main Topics): (1) Analisis laporan Keuangan; (2) Analisis Rasio; (3) Isu dalam Analisis Perbandingan; (4) Analisis Time Series dan Forecasting dan keuangan; (5) Analisis Progitabilitas (return On Assets; (6) Return on Equity; (7) Analisis Resiko Laporan Keuangan Proforma; (8) Analisis Pemberian Pinjaman; (9) Analisis Investasi Saham; (10) Analisis Laporan Keuangan Non Bisnis.

    ANALISIS STATISTIK MANAJEMEN DAN BISNIS (STATISTICAL ANALYSIS OF MANAGEMENT AND BUSINESS)

    Pokok Bahasan 1 – 16 (Main Topics): 1. Review Statistik Bisnis; 2. Data screening dan transformasi data statistik; 3. Uji validitas dan reliabilitas suatu konstruk; 4. Pengenalan korelasi dan regresi; 5. Uji Asumsi klasik regresi; 6. Regresi linier sederhana; 7. Regresi linier berganda; 8. Regresi untuk variabel yg dibakukan (standardize regression);.....

    KEPEMIMPINAN DAN MANAJEMEN TALENTA (LEADERSHIP AND TALENT MANAGEMENT)

    Pokok Bahasan 1 – 8 (Main Topics): (1) Bakat, minat dan potensi diri; (2) Talent mapping; (3) Karakter Gen Z; (4) Lingkungan karir dan lingkungan bisnis; (5) Informasi dan sumber Pilihan karir; (6) Strategi beradaptasi; (7) Skill berdasarkan pilihan karir; (8) Prospek karir dimasa depan

    LEMBAGA DAN PASAR KEUANGAN (FINANCIAL INSTITUTIONS AND MARKETS)

    Pokok Bahasan 1 – 16 (Main Topics): (1) Pengenalan terhadap lembaga keuangan dan pasar modal; (2) Lembaga keuangan perbankan; (3) Pegadaian, (4) Lembaga investasi; (5) Perusahaan asuransi; (6) Dana pensiun; (7) Modal ventura; (8) Lembaga keuangan; (9) Koperasi simpan pinjam; (10) Pasar uang; (11) Pasar modal.

    MANAJEMEN HUBUNGAN INDUSTRIAL (INDUSTRIAL RELATIONS MANAGEMENT)

    Pokok Bahasan 1 – 11 (Main Topics): (1) Ruang lingkup hubungan industrial, (2) Permasalahan ekonomi tenaga kerja, (3) Konsep hubungan ketenagakerjaan, (4) Organisasi ketenagakerjaan, (5) Serikat pekerja, (6) Hubungan industrial di BUMN, (7) Tindakan penyelesaian perselisihan hubungan industrial, (8) Proses perjanjian bersama dalam hubungan industrial, (9) Penyelesaian perselisihan hubungan industrial, (10) Lembaga penyelesaian perselisihan hubungan industrial, (11) Pemisahan tenaga kerja.

    MANAJEMEN KEUANGAN KEPERILAKUAN (BEHAVIORAL FINANCIAL MANAGEMENT)

    Pokok Bahasan 1 – 10 (Main Topics): (1) Konsep dan ruang lingkup manajemen keuangan; (2) Konsep nilai waktu uang; (3) Analisis tentang Laporan keuangan; (4) Investasi dalam aktiva tetap; (5) Pasar modal dan invetasi dalam surat berharga; (6) Analisis Leverage dan Analisis titik pulang pokok; (7) Kebijakan dividen, dan pembiayaan leasing; (8) Restrukturisasi; (9) Biaya Modal Perusahaan dan Struktur Modal; (10) Manajemen Modal kerja.

    MANAJEMEN KEUANGAN SEKTOR PUBLIK (PUBLIC SECTOR FINANCIAL MANAGEMENT)

    Pokok Bahasan 1 – 16 (Main Topics): 1. Konteks Manajemen Keuangan Publik; 2. Prinsip-prinsip Dasar Manajemen Keuangan Publik; 3. Penganggaran Sektor Publik; 4. Proyeksi Pendapatan; 5 Estimasi Biaya; 6. Pengawasan Kinerja Keuangan;...

    MANAJEMEN KINERJA SDM (HR PERFORMANCE MANAGEMENT)

    Pokok Bahasan 1 – 16 (Main Topics): (1) Konsep Indikator Kinerja; (2) Perencanaan Kinerja; (3) Proses Manajemen Kinerja; (4) Mengelola Produktivitas; (5) Mengelola Kualitas; (6) Umpan Balik; (7) SelfAssessment; (8) Keluaran Organisasi; (9) Kompetensi dan Employability; (10) Pengembangan Sumber Daya Manusia; (11) Pembinaan Sumber Daya Manusia; (13) Penerapan Sistem Manajemen Kinerja.

    MANAJEMEN PENGETAHUAN: TEORI DAN PRAKTIK (KNOWLEDGE MANAGMENT: THEORY AND PRACTICES)

    Pokok Bahasan (Main Topics): 1. Knowledge Management Concept; 2. Knowldege; 3. organizing knowledge assets; 4. Knowledge creating and development; 5. Knowledge sharing and transfer; 6. Knowledge management application; 7. Knowledge based maangement; 8. Organizational Learning and Organizational Memory; 9. Knowledge Management in Organizations; 10. Human Capital;

    METODE PENELITIAN MANAJEMEN DAN BISNIS (MANAGEMENT AND BUSINESS RESEARCH METHODS)

    Pokok Bahasan 1 – 16 (Main Topics): 1). Paradigma penelitian manajemen (positivisme, interpretivisme, critical, pragmatisme); 2) Etika penelitian & integritas akademik; 3) Identifikasi masalah penelitian (gap analysis); 4) Kajian pustaka sistematis & bibliometric; 5) Desain penelitian kuantitatif; 6) Desain penelitian kualitatif; 7) Disain penelitian Mixed methods; 8) Ujian Tengah Semester (UTS); 9) Teknik sampling & instrumen penelitian; 10) Analisis data kuantitatif; 11) Analisis data kuantitatif (lanjutan); 12) Analisis data kualitatif (NVivo/ATLAS.ti); 13) Critical review artikel ilmiah; 14) Penyusunan proposal tesis; 15) Presentasi proposal penelitian; 16) Ujian Akhir Semester

    PERILAKU KONSUMEN DAN RISET PEMASARAN (CONSUMER BEHAVIOR AND MARKETING RESEARCH)

    Pokok Bahasan 1 – 16 (Main Topics): 1 – 16 (Main Topics): 1. overview mata kuliah Perilaku Konsumen. Pendahuluan. 2.Riset Konsumen.3.Segmentasi Pasar.4.Motivasi Konsumen. 5.Kepribadian Konsumen. 6. Pembelajaran Konsumen. 7.Persepsi Konsumen. 8.UTS. 9.Sikap dan Pembelajaran Konsumen.10.Kelompok Referensi dan Pengaruh Keluarga. 11.Kelas Sosial. 12.Budaya, sub-Budaya, 13. Lintas Budaya. 14.Difusi Inovasi. 15.Proses Pengambilan Keputusan. 16. UAS

    PUBLIKASI ILMIAH (ACADEMIC PUBLICATION)

    Pokok Bahasan 1 – 16 (Main Topics): (1) Menentukan Tema / Topik Artikel Ilmiah; (2) Mengungkap Alasan Empiris dan Teoritis Pentingnya Penelitian Dilakukan; (3) Melakukan 'Studi Literatur Awal' untuk menentukan variabel penelitian dan menyusun kerangka konseptual penelitian; (4) Menyusun dan menulis bagian 'pendahuluan' pada manuskrip; (5) Melakukan ‘Studi Literatur Lanjutan’ dan menulis tinjauan pustaka (literature review) pada manuskrip;...

    STRATEGI MANAJEMEN MEREK (BRAND MANAGEMENT STRATEGY)

    Pokok Bahasan 1 – 16 (Main Topics): (1) Pengenalan merek; Kepribadian Merek, Ekuitas Merek; (2) Agama Merek, Keterikatan Merek; (3) Cinta Merek, Kepercayaan Merek; (4) Brand, Brand Architecture, Brand Audit, Brand Community, Brand Culture, Overviw: Brand Management 1985—2006; (5) Tujuh Pendekatan Merek: Pendekatan Ekonomi; (6) Pendekatan identitas; (7) Pendekatan berbasis konsumen; (8) Pendekatan kepribadian; (9) Pendekatan relasional; (10) Pendekatan Komunitas; (11) Pendekatan Budaya.

    STRATEGI MANAJEMEN PEMASARAN (MARKETING MANAGEMENT STRATEGY)

    Pokok Bahasan 1 – 16 (Main Topics): (1) Rencana Pembelajaran, Kontrak Perkuliahan, Overview mata kuliah teori dan Konsep dasar pemasaran serta perencanaan strategis berorientasi pasar, (2) Sistem riset pemasaran, (3) Lingkungan pemasaran, (4) Mengelola Informasi Pemasaran, (5) Mengelola Informasi Pemasaran, (6) Pasar Konsumen, (7) Pasar Bisnis, (8) UTS, (9) Strategi Produk, (10) Strategi Pemasaran Jasa, (11) Strategi Harga, (12) Strategi Distribusi, (13) Strategi Promosi, (14) Analisis persaingan, (15) Pasar Global, (16) UAS.

    STRATEGI PEMASARAN DIGITAL (DIGITAL MARKETING STRATEGY)

    Topics 1 – 16 (Main Topics): (1) Overview Digital Marketing (2) Digital Marketing Concepts (3) Shifting Offline to Onlione (4) Segmenting, Targeting and Positioning (5) Portofolio Business (6) Business Models on the Internet (E-Business Model) and E-Marketing (7) Keyword Research (8) SEO and SEM (9) Website (10) Security Data and Online Transaction (11) Marketplace (12) Social Media Marketing (13) Law and Ethics Isue (14) Future Trend Digital Marketing

    TEORI EKONOMI MANAJERIAL DAN BISNIS (MANAGERIAL AND BUSINESS ECONOMICS THEORY)

    Pokok Bahasan 1 – 16 (Main Topics): 1,Overview Of Managerial Economics ,2.Demand, Supply and Equilibrium, 3.Elasticity, 4.Optimization, 5.Theoty Of Demand, 6.Demand Approach, 7.Demand Estimation ,8.Mid-exam, 9. Theory of Production and Decision Making, 10. Cost of Production and Decision Making, 11.Market Structure, 12.Pricing Practices, 13. The Role Of Government in The Economy, 14. Budgeting, 15.Decision Making Under Uncertainty,16. Final Exam

    TEORI INVESTASI DAN ANALISIS SEKURITAS (INVESTMENT THEORY AND SECURITY ANALYSIS)

    Pokok Bahasan 1 – 16 (Main Topics): (1) Konsep dasar portofolio investasi dan pasar modal; (2) Markowitz Mean-Variance Model, (3) Portofolio optimal dan model indeks tunggal; (4) Capital Asset Pricing Model; (5) Arbitrage Pricing Theory; (6) Beta dan beta disesuaikan; (7) Abnormal return; (8) UTS; (9) Efficient Capital Market; (10) Stock Analysis; (11) Bond Analysis; (12) Fundamental Analysis; (13) Technical Analysis; (14) Option and Futures; (15) Behavioral finance; (16) UAS.

    SEMESTER III

    Rencana Pembelajaran Semester

    MANAJEMEN INFORMASI DAN TEKNOLOGI (INFORMATION AND TECHNOLOGY MANAGEMENT)

    Pokok Bahasan 1 – 16 (Main Topics): 1. Konsep Sistem Informasi dalam Perusahaan; 2. Infrastruktur Sistem Informasi dan Teknologi; 3. Manajemen Data; 4. Jaringan, Internet, dan Telekomunikasi; 5 Keamanan Siber dan Data Privasi; 6. Intelijen Bisnis dan Data Analitik;

    MANAJEMEN WILAYAH PERBATASAN DAN KEWIRAUSAHAAN (BORDER REGIONAL MANAGEMENT AND ENTREPRENEURSHIP)

    Pokok Bahasan 1 – 16 (Main Topics): (1) Pendahuluan, (2) Mekanisme proyek, (3) Konsep Dasar Manajemen Wilayah Perbatasan dan Kewirausahaan, (4) Kebijakan Pemerintah dalam Pengembangan Wilayah Perbatasan, (5) Penentuan Desain Project, (6) Evaluasi Desain Project,...

    STRATEGI KEUANGAN INTERNASIONAL (INTERNATIONAL FINANCIAL STRATEGY)

    Pokok Bahasan 1 – 16 (Main Topics): 1. Multinational financial management: an overview; 2. International flow of funds; 3. International financial markets; 5. Exchange rate determination; 6. Currency derivatives; 7. International artbitrage and interest rate parity; 8. The relationship between inflation, interest rates, and exchange rate parity; 9. Measuring exposure to exchange rate fluctuations; 10. Managing transaction exposure; 11. Managing economic exposure an d translation exposure; 12. Foreign direct investment; 13. Multinational capital budgeting; 14. Multinational cost of capital and capital structure; 15. Long-term financing and financing international trade.

    STRATEGI PEMASARAN INTERNASIONAL (INTERNATIONAL MARKETING STRATEGY)

    Pokok Bahasan 1 – 16 (Main Topics): 1. International and Global Marketing; 2. Economic Environment Analysis; 3. Cultural Environment Analysis; 4. Legal Environment Analysis; 5. Political Environment Analysis; 6. International Consumer Behavior; 7. Marketing Research and Information Systems; 8. Midterm Examination; 9. International Market Entry Strategies; 10. STP Strategies: Segmentation, Targeting, and Positioning; 11. Product Strategy; 12. Distribution Channel Strategy; 13. International Promotion Strategy; 14. International Pricing Strategy; 15. Organizing and Controlling International Marketing; 16. Final Examination.

    STRATEGI SDM INTERNASIONAL (INTERNATIONAL HR STRATEGY)

    Pokok Bahasan 1 – 16 (Main Topics): 1). Instructional Design, 2). Training Delivery, 3)Performance Improvement, 4), Evaluating Learning Impact, 5) Learning Technologies . 6), Managing Learning Programs, 7) Coaching, 8)Integrated Talent Management, 9) Change Management, 10) Knowledge Management dan 11) Sustainable Employee Performance

    TEORI DAN APLIKASI MANAJEMEN STRATEGIK (STRATEGIC MANAGEMENT THEORY AND APPLICATION)

    Pokok Bahasan 1 – 16 (Main Topics): (1) Konsep Dasar Manajemen Strategi; (2) Model Manajemen Strategi; (3) Analisis Lingkungan eksternal Makro; (4) Analisis Lingkungan eksternal Mikro; (5) Analisis internal ; (6) Menyusun EFAS dan IFAS i; (7) Visi, Misi dan Tujuan Organisas; (8) UTS; (9) Perumusan Strategi: Grand Strategy; (10) Perumusan Strategi: Strategi Bidang Fungsional; (11) Perumusan Strategi: Strategi Internasional dan Aliansi Strategi; (12) Implementasi Strategi; (13) Evaluasi dan Pengendalian; (14) Isu Strategik Dalam Pengelolaan Organisasi PEMDA, BUMN dan BUMD; (15) Isu Strategik Dalam Pengelolaan Organisasi Non Laba; (16) Isu Strategik Dalam Pengelolaan Organisasi Swasta skala UMKM dan Skala Besar.
    Post Views: 149

    About PS-MM FEB UNTAN

    Fakultas Ekonomi Untan didirikan pada tahun 1959, merupakan fakultas tertua di Universitas Tanjungpura Pontianak...

    Site Statistics
    • Today's visitors: 3
    • Today's page views: : 3
    • Total visitors : 6,833
    • Total page views: 8,813

    Categories

    Search

    Copyright © [PS-MM FEB UNTAN] [2024] | Powered by Flavita
    whatsapp-logo