KURIKULUM KONSENTRASI PEMASARAN
Mata Kuliah
Struktur kurikulum yang ada pada PS-MM FEB UNTAN sebanyak 23 mata kuliah yang dibagi ke dalam 3 semester disusun dengan mempertimbangkan ketepatan dalam pembentukan Capaian Pembelajaran (Learning Outcome) sesuai dengan level 8 KKNI dan 4 unsur SKKNI yang terdiri dari Sikap, Pengetahuan, Keterampilan Umum, dan Keterampilan Khusus.
Kurikulum pada PS-MM FEB UNTAN dibagi menjadi 4 semester dengan 48 satuan kredit semester dan dapat diselesaikan dalam jangka waktu 2 tahun (sesuai dengan SK Permenristekdikti No. 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi). Untuk mengakomodasi tuntutan dan kebutuhan stakeholder, PS-MM FEB UNTAN menyusun kurikulum yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memilih bidang konsentrasi yang sesuai dengan minat, bakat, kebutuhan maupun pengembangan karirnya di masa depan. Bidang konsentrasi yang ditawarkan adalah Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM), Manajemen Pemasaran (MP), dan Manajemen Keuangan (MK). Masing-masing konsentrasi terdiri dari 25 mata kuliah dengan bobot total 48 sks. Selain itu, terdapat mata kuliah non-sks, yaitu: kuliah kerja lapangan (KKL). Kelompok mata kuliah di PS-MM FEB UNTAN dapat dilihat pada tabel dibawah ini.
Kelompok Mata Kuliah di PS-MM FEB UNTAN
Kode Mata Kuliah | Jumlah SKS |
Durasi Studi (Maximum) | 4 Years (8 Semester) |
Mata Kuliah Wajib Prodi (MKWP) | 4 SKS |
Mata Kuliah Dasar Keilmuan (MKDK) | 13 SKS |
Mata kuliah Bidang Keahlian Khusus (MKBKK) | |
Setiap Konsentrasi (12 SKS) | 12 SKS |
Mata Kuliah Bidang Keahlian Umum (MKBU) | 13 |
Jumlah SKS | 42 SKS |
‘* Keterangan:
- MMDK = Mata Kuliah Dasar Keilmuan
- MMKU = Mata Kuliah Keahlian Umum
- MMKKS = Mata Kuliah Konsentrasi SDM
- MMKKP = Mata Kuliah Konsentrasi Pemasaran
- MMKKK = Mata Kuliah Konsentrasi Keuangan
- MMWP = Mata Kuliah Wajib Prodi
Kuliah Persemester
(MSDM, Pemasaran, Keuangan)
Semester 1 (15 SKS)
Mata Kuliah | SKS |
Law & Ethics in Business | 2 |
Theory & Application Human Resource Management | 3 |
Theory & Application Marketing Management | 3 |
Theory & Application Financial Management | 3 |
Theory & Application Operational Management | 2 |
Accounting to Manager | 2 |
Total | 15 |
Mata Kuliah Persemester
(Pemasaran)
Semester II
Nama Mata Kuliah | SKS |
Managerial Economic | 2 |
Business Statitic | 2 |
Research Method | 3 |
Digital Marketing | 3 |
Consumer Behavior & Marketing Research | 3 |
Service Marketing | 3 |
Mata Kuliah Persemester
Pemasaran
Semester III
Nama Matakuliah | SKS |
Management Strategic For Competitiveness | 3 |
Management Information System | 3 |
Border Regional Managemet & Enterpreneurship | 2 |
International Marketing Management | 3 |
Seminar and or Academic Publication (For Those Who Haven't Finished ini Semester 3) | 2 |
Thesis | 4 |
Mata Kuliah Persemester
Pemasaran
Semester IV
Nama Mata Kuliah | SKS |
Seminar and or Academic Publication (For Those Who Haven't Finished in Semester 3 | 2 |
Thesis | 4 |